Selasa, 11 April 2017

Pengalaman ditipu Lowongan Kerja

Maaf, udah lama ga posting apapun disni. Pada post kali ini, Chan bakal nge share tentang Penipuan Lowongan Kerja yang Chan alami baru baru ini.


1. Penipuan Atas PT. Best Profit Future
    Seperti gambar diatas, Chan dapet bc-an dari grup. Karena terlihat meyakinkan, akhirnya Chan
    tertarik dan mencoba cp di atas yang bernama Angga.
    beginilah chat Chan dengan Angga itu.



Chan merasa sedikit curiga, Kenapa ? Karena ketika Chan tanya mengenai Ijazah (karena blm ngambil ke kampus), dia menjawabnya."Bawa saja berkas yang biasanya di pakai untuk ngelamar kerja. Chan jadi mikir, kok gini seharunya kan dia tegas berkas apa saja yang memang harus dibawa pelamar kerja karena menurut Chan, Pasific Place itu termasuk Mall Elite yang berseberangan sama Ritz Caltron. Jadi, ga sembarang orang bisa kerja di sana.

Lalu akhirnya Chan coba searching mengenai One Pacific Place lt. 12 itu tapi ga ada hasil apapun. Sampai Chan cari tentang Best Pacific Place pun ga ada artikelnya dimanapun. Akhirnya, Chan nemu kalo Best Profit Future itu penipu, setelah baca thread dan menyocokan alamatnya. Chan menyimpulkan kalau lowongan kerja itu adalah bohong.

Jadi, menurut beberap artikel yang Chan baca mengenai perusahaan ini kalau perusahaan ini berbohong mengenai posisi yang ditawarkan.Sebenarnya, mereka menyuruh kita mencari orang yang ingin berinvestasi 100 juta kepada perusahaan. Gila kan ? Dan di perusahaan ini pun juga tidak ada gaji pokok, hanya ada komisi jika berhasil mendapatkan investor. Intinya, selama bekerja di sana, ongkos, biaya makan ditanggung oleh diri kita sendiri. Setelah tahu lowongan ini bohong, Chan langsung blokir nomernya karena males diganggu disuruh datang interview

2. Nah yang kedua ada PT.Pupuk Indonesia
    Yang ini masih seger banget karena Chan baru di email tadi pagi.
    Awalnya, Chan nemu loker di indeed 
Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia

Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia

   Karena ga boleh ngirim lamaran lewat indeed, Chan pun mengirim email langsung seperti yang tertulis.Chan kirim lamaran + cv kemarin dan mendapat balasannya pagi ini.
Beginilah ini emailnya. Email berformat pdf berisi 4 lembar
Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia

Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia

Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia

Penipuan atas nama PT.Pupuk Indonesia
 Awalnya Chan kaget pas baca tempat seleksinya di Bali. Dan itu dadakan banget. Sempet galau gimana bilang ke ortu dan orang rumah. Setelah Chan baca dengan detail, mereka ini bekerja sama dengan sebuah travel, jadi semua biaya transport dan anter jemput selama di sana di bakal ditanggung sama mereka. Tapi, itu semua cuma mau ngejebak doang, karena pada awalnya menggunakan uang kita masing-masing, dan KATANYA akan diganti jika proses seleksi sudah selesai. Di sini Chan mulai curiga, PT.Pupuk Indonesia ini kan perusahaan gede di Jakarta, kenapa seleksinya harus di Denpasar sana.

Akhirnya Chan coba searching di gugel, dan Alhamdulillah nemu artikel mengenai penipuan ini. Dan ternyata mereka bukan cuma meggunakan nama PT. Pupuk Indonesia aja, ada beberapa nama perusahaan besar lainnya. Dengan iming-iming gaji besar dan surat yang formal mereka menipu para jobseeker.

Nah, karena itu, Chan mau share cara agar kita tidak tertipu oleh lowongan kerja bodong seperti itu.
1. Pastinya ketika melihat loker di sebuah media, jangan langsung kirim CV tapi dicari terlebih dahulu di gugel apakah perusahaan itu bodong, apa sungguh benar adanya. (pdhl Chan searching dulu untuk kedua loker itu)
2. Biasanya email yang digunakan oleh perusahaan bukan @gmail . Tapi @bca misalkan.
3. Jika mendapat panggilan kerja entah itu via sms atau email pastikan kalau perusahaan yang kita inginkan itu bukan penipu. Biasanya, kalau penipuan mereka akan menginformasikan rute dari tempat kita menuju ke perusahaan itu.
4. Intinya, lebih baik searching terlebih dahulu pekerjaan yang ingin kita lamar, jangan sampai sudah
nyampe di TKP kita malah disuruh bayar dulu dll. Kalo diawal begitu sudah ditodong uang berarti itu pekerjaannya bohong ya guys.

Nah, segitu dulu ulasan Chan kali ini. Semoga bermanfaat , ga ada yang ketipu loker dan lebih hati-hati dalam mencari kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar